peluang ekspor cocopeat
Uncategorized

Peluang Ekspor Cocopeat dan Tips Agar Sukses

Ekspor cocopeat Indonesia menjadi salah satu peluang yang menggiurkandan menguntungkan sekarang ini. Cocopeat termasuk salah satu komoditi ekspor yang bagus dan bisa dijadikan sebagai pilihan.

Akan tetapi banyak orang yang beranggapan jika cocopeat hanya dapat dijual di dalam negeri saja, padahal cocopeat dapat dijual ke pasar luar negeri. Cocopeat ini sebenarnya sangat diminati di pasar Timur Tengah contohnya saja seperti di Uni Emirat Arab.

Cocopeat adalah produk turunan dari kelapa dan berasal dari coconut coir atau sabut kelapa yang digunakan untuk media budidaya tanam, serta absorben di dalam dunia industry. Cocopeat biasanya dikemas menggunakan bentuk curah ataupun dengan bentuk kemasan kompres, lempengan cakram dan lempengan papan. Cocopeat digunakan untuk media tanam organik, tentu saja cocopeat laris manis.

Tips Ekspor Cocopeat 

peluang ekspor cocopeat

Tentu saja untuk menjalankan bisnis ekspor ini tidak semudah seperti yang dilihat. Terdapat berbagai macam tips yang harus di ikuti. Berikut adalah berbagai tips agar bisnis ekspor cocopeat menjadi sukses.

1. Memilih Produsen yang Tepat

Memilih produsen dengan tepat menjadi alasan utama yang harus diperhatikan. Lebih-lebih nantinya produk cocopeat yang akan Kamu ekspor akan bersaing di lintas negara. Tentu saja kualitas menjadi hal yang wajib diperhatikan dengan baik. Selain itu ketika memilih produsen, jangan pernah berkompromi masalah kualitas.

Jika produk cocopeat yang mereka miliki memilki kualitas yang buruk, tentu saja dapat dipastikan jika hasil penjualan yang Kamu lakukan juga akan sama buruknya. Cegah dengan cara menghindari langsung tergiur dengan biaya atau harga yang murah ketika menentukan produsen cocopeat yang akan diajak bekerjasama.

Selanjutnya mengekspor cocopeat ini akan berjalan hingga jangka panjang, kualitas cocopeat yang Kamu ekspor akan menjadi taruhan. Tentu saja Kamu tidak mau bukan jika sudah menemukan pasar, tetapi pelanggan tidak puas dengan produknya.

2. Pahami Aturan Tentang Cocopeat

Selanjutnya jangan lupa untuk mempelajari berbagai macam aturan dan kebijakan berkaitan dengan ekspor cocopeat. Tentu saja Kamu harus menjalankannya sesuai ketentuan berlaku.

Begitu pula dengan negara yang akan Kamu jadikan tujuan ekspor. Pada dasarnya setiap negara sudah pasti memiliki aturannya sendiri-sendiri.

3. Siapkan Sejumlah Biaya

Ketika akan ekspor cocopeat, mungkin Kamu menerapkan aturan untuk melakukan pembayaran di muka. Akan tetapi akan ada berbagai macam biaya yang harus dikeluarkan untuk ekspor cocopeat. Kamu juga membutuhkan sejumlah biaya pemasaran cocopeat yang tidak sedikit seperti membuat katalog, membangun website dan lainnya.

4. Promosikan Cocopeat

Jika tahap di atas sudah selesai, Selanjutnya Kamu dapat membangun situs yang nantinya akan menjadi toko bisnis. Jangan lupa lengkapi website dengan informasi yang berkaitan dengan cocopeat.

Beri foto cocopeat, katalog dan kebijakan pembelian. Ketika membuat website, Kamu juga harus memastikan bahwa konsumen dalam negeri maupun luar negeri bisa mendapatkan apa yang mereka perlukan.

5. Urus Seluruh Perizinan yang Berlaku

Perizinan yang bisa Kamu urus seperti pembuatan surat kontrak penjualan. Surat kontrak penjualan adalah dokumen persetujuan eksportir serta importir.

Dokumen ini berisi syarat pembayaran, mutu, harga serta cara pengiriman. Di dalamnya menjelaskan masalah asuransi.

Proses berikutnya adalah L/C opening proses, pihak perusahaan yang mengimpor cocopeat akan meminta bank devisa agar membuat letter of credit. Akhirnya proses ekspor cocopeat akan mulai dilakukan.

6. Mulai Kegiatan Ekspor

Jika produsen dan konsumen telah ditemukan, tentu saja kegiatan ekspor cocopeat dapat dilangsungkan. Bisnis ekspor cocopeat memang masih terbuka sangat lebar bahkan bisa menjadi peluang yang menjanjikan. Persiapkan diri serta produk dengan maksimal ketika tertarik membuka ekspor cocopeat Indonesia.

Hi, I’m novia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *