macam macam bawang putih
Uncategorized

Macam Macam Bawang Putih Yang Jarang Diketahui Orang

Bawang putih, telah lama menjadi bumbu dapur andalan di berbagai masakan dunia. Tak hanya menambah cita rasa, bawang putih juga kaya akan manfaat kesehatan. Di balik kesederhanaannya, tahukah Anda bahwa terdapat berbagai macam macam bawang putih dengan keunikan dan keistimewaan masing-masing? Pada artikel ini kami akan membahas 11 jenis bawang putih yang jarang diketahui banyak orang!

1. Silver Skin Garlic

Bawang putih silver skin memiliki ciri khas berupa kulit yang tipis dan lunak, batang leher yang lentur, serta lapisan luar berwarna putih dan siung yang berkilau. Bawang putih ini umumnya terdiri dari 8 hingga 30 siung, memiliki rasa yang kuat dengan sedikit aroma seperti rumput liar.

Pengolahannya yang umum adalah sebagai saus salad atau campuran bahan masakan. Selain itu, bawang putih silver skin juga dapat diolah menjadi bubuk bawang putih.

2. Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal memiliki keunikan berupa siung yang berdiri sendiri tanpa saling terhubung. Meski kurang familier di dunia kuliner, bawang putih tunggal banyak dimanfaatkan dalam campuran pengobatan herbal.

3. Bawang Putih Gajah

Sesuai dengan namanya, bawang putih gajah terkenal dengan ukurannya yang jauh lebih besar dibandingkan bawang putih biasa. Satu siungnya bahkan dapat mencapai ukuran hampir sama dengan telur ayam.

Tanaman yang juga dikenal sebagai bawang putih kerbau ini termasuk dalam genus bawang, namun bukan merupakan bawang putih sejati. Daunnya lebar, pipih, dan memanjang seperti daun bawang. Rasanya cukup unik, perpaduan antara bawang putih dan bawang daun. Bagi sebagian orang, rasanya lebih lembut dan nikmat untuk dinikmati mentah dalam salad.

4. Porcelain Garlic

Bawang putih ini memiliki nama yang merepresentasikan penampilannya yang menawan, bagaikan porselen. Kulit luarnya berwarna putih bersih, halus, dan menyerupai kertas. Lapisan luarnya pun lebih tebal dibandingkan jenis bawang putih lainnya.Bawang putih dengan rasa yang kuat ini biasanya hanya memiliki empat hingga lima siung besar.

5. Bawang Putih Kating

Bawang putih kating, meskipun berasal dari Tiongkok, merupakan jenis yang paling banyak digunakan dan digemari karena aroma dan rasanya yang khas. Dari segi fisik, siungnya berukuran besar meskipun ukuran kerompolnya cenderung kecil. Daging bawang putih kating padat dan basah, dengan kulit luar berwarna putih bersih.

6. Bawang Putih Shin Chung

Bawang putih shin chung atau honan, yang juga berasal dari Tiongkok, menjadi alternatif ketika harga bawang putih kating melonjak. Hal ini disebabkan oleh rasa dan aromanya yang tidak sekuat bawang putih kating, sehingga hanya menjadi pilihan kedua.

Ciri khas bawang ini adalah ukuran kerompolnya yang besar dengan siung-siung berukuran kecil, berbeda dengan bawang putih kating.

7. Bawang Putih Lanang

Bawang lanang, yang hanya terdiri dari satu siung, memiliki kemiripan sekilas dengan bawang merah. Oleh karena itu, bawang jenis ini juga dikenal dengan nama bawang putih tunggal.

Di Indonesia, banyak orang memanfaatkan khasiat bawang lanang sebagai obat alternatif untuk berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, flu, dan untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

8. Purple Stripe Garlic

Sesuai namanya, purple stripe garlic memiliki garis-garis berwarna ungu pada kulit luarnya, namun kulit siungnya tetap berwarna putih bersih tanpa garis. Jumlah dan intensitas warna ungu ini biasanya dipengaruhi oleh kondisi tanah tempatnya tumbuh.

Termasuk dalam kategori hard neck garlic, purple stripe garlic memiliki bentuk dan ukuran yang nyaris sama pada setiap siungnya. Hal ini membuatnya tampak simetris dan indah dari luar. Cara mengupasnya pun lebih mudah dan cocok untuk berbagai jenis makanan.

9. Creole Garlic

Creole garlic memiliki penampilan yang memukau dengan kulit luar berwarna putih keunguan dan bagian dalam berwarna burgundi, mirip seperti bawang merah. Bawang yang merupakan perpaduan antara hard neck dan soft neck garlic ini memiliki rasa yang luar biasa, kuat namun tidak pedas dan cenderung manis di akhir.

10. Rocambole Garlic

Rocambole garlic secara alami memiliki rasa yang sangat kuat dan dominan. Kulit pembungkusnya tipis dan berwarna agak keruh dengan garis-garis ungu samar. Warna dagingnya cenderung kecokelatan dibandingkan dengan jenis bawang putih lainnya.

11. Black Garlic

Bawang putih hitam, atau yang dikenal sebagai black garlic, bukanlah jenis alami. Bawang ini dihasilkan melalui proses fermentasi. Biasanya, bawang putih hitam mudah ditemukan di supermarket Korea atau China.

Rasanya sangat unik dan sulit digambarkan, karena memadukan rasa manis, asam, sedikit pahit, dan aroma mirip karamel. Bawang putih hitam sering digunakan untuk saus, garnish, salad, hingga daging steak.

Penutup

macam macam bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang populer dan kaya manfaat bagi kesehatan. Berbagai macam bawang putih tersedia dengan karakteristik dan rasa yang unik. Pemilihan jenis bawang putih tergantung pada preferensi rasa, kebutuhan memasak, dan manfaat kesehatan yang diinginkan.

Memahami jenis-jenis bawang putih dan manfaatnya dapat membantu Anda memilih bawang putih yang tepat untuk masakan dan kebutuhan kesehatan Anda. Dengan menggunakan bawang putih secara bijak, Anda dapat meningkatkan cita rasa masakan dan juga memperoleh manfaat Kesehatan.

Hi, I’m Hafiz Alda Ghifari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *