contoh sampah yang bisa didaur ulang
Uncategorized

Mengetahui Contoh Sampah yang Bisa Didaur Ulang

Sampah menjadi masalah yang dihadapi banyak negara saat ini. Mulai dari sampah organik hingga anorganik. Tetapi tidak semua jenis sampah yang ada bisa didaur ulang atau biasany akan sulit untuk didaur ulang. Jika ingin mendaur ulang sampah kalian harus mengetahui contoh sampah yang bisa didaur ulang.

Sampah yang Bisa Didaur Ulang

Semua jenis sampah sebenarnya dapat dimanfaatkan, namun tidak semua sampah bisa kalian didaur ulang. Sampah sampah yang bisa didaur ulang ini meliputi sampah plastik, kertas atau karton, logam, kaca, karet, kain dan elektronik.

Jenis sampah yang berbeda tentunya mempunyai cara daur ulang yang berbeda. Cara daur ulang setiap jenis sampah tentu juga mepunyai kesulitan dan tantangan yang berbeda.

Cara Mendaur Ulang Sampah Berdasarkan Jenisnya

contoh sampah yang bisa di daur ulang

1. Plastik

Daur ulang plastik menjadi daur ulang yang sangat diperhatikan saat ini. Hal ini dikarenakan jumlah sampah plastik sangat banyak dengan estimasi mencapai 490.000 ton. Jumlah ini pastinya akan terus bertambah banyak. Daur ulang sampah plastik ini dapat dilakukan dengan menjadikan barang baru, namun juga bisa menjadikanya kerajinan tangan.

2. Kertas

Kertas yang tidak kalian pakai bisa didaur ulang menjadi kertas baru loh. Walaupun sudah tercoret coret tinta, namun masih bisa dijadikan kertas baru. Tetapi kertas yang dihasilkan adalah kertas buram bukan kertas putih. Cara daur ulang kertas dengan menghaluskan kertas yang tidak terpakai menjadi bubur kertas. Kemudian bubur kertas akan disaring sarinya dan berubah menjadi lembaran kertas. Setelah itu perlu dikeringkan dan dihaluskan.

Selain itu kertas juga bisa didaur ulang menjadi kerajinan. Misalnya pembuatan mercon dengan kertas walaupun akhirnya menjadi sampah yang berserakan juga. Selain itu kamu bisa membuat tempat tisu, hiasan rumah. Namun kerajinan dari kertas ini rawan terkena air sehingga harus dijaga dengan baik.

3. Kaca

Biasanya kaca yang sudah pecah hanya akan dibuang karena sudah tidak bisa digunakan. Namun sebenarnya kaca yang sudah pecah bisa didaur ulang loh. Kaca yang akan didaur harus dibersihkan dari kotoran yang menempel. Setelah itu potonglah kaca menjadi bagian yang kecil dan halus, berhati hatilah pada proses ini. Kaca yang dihaluskan dicampur dengan bahan lain lalu dipanaskan dan dibentuk menjadi barang yang baru seperti gelas, botol atau jendela.

Ada juga kerajinan yang mudah untuk kalian buat dari kaca seperti membuat lukisan mozaik atau miniatur bangunan. Usahakan hati hati dalam mendaur ulang kaca ini karena tajam dan berbahaya.

4. Logam

Tentu saja sampah berbahan logam dapat didaur ulang menjadi logam yang baru. Logam ini termasuk kemasan kaleng, dan besi atau alumunium. Cara mendaur ulang sampah logam ini dapat dilakukan dengan cara dilebur menggunakan mesin. Namun sebelum itu harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran cat atau makanan. Setelah dilebur harus dimurnikan terlebih dahulu kemudian baru dibentuk menjadi barang yang baru. Selain itu logam biasanya didaur ulang menjadi kerajinan dan aksesoris.

5. Karet

Karet seperti ban bekas atau karet lainnya sangat sering tidak terpakai dan hanya akan terbuang dan menjadi sampah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendaur ulang karet menjadi barang baru. Cara daur ulang karet ini bisa dilakukan dengan menghancurkan karet menjadi butiran. Kemudian butiran karet dicampur dengan plastik, minyak dan zat pengikat baru dibentuk menjadi barang baru seperti ban atau bantalan karet.

6. Kain

Pasti kalian punya banyak baju tidak terpakai di rumah. Baju bekas ini bisa kalian daur ulang loh menjadi kain baru. Selain itu kain tidak terpakai didaur ulang menjadi tas, dompet, bantal atau hiasan rumah.

Kesimpulan

Sebenarnya semua sampah dapat didaur ulang dan dimanfaatkan. Hanya saja cara dan pengolahannya yang berbeda. Sampah yang didaur ulang tentu harus memiliki manfaat karena tujuan dari daur ulang adalah mengurangi sampah tidak terpakai dan memberikan inovasi baru di berbagai bidang. Contoh sampah yang bisa didaur ulang diatas adalah sampah yang memiliki manfaat dan kegunaan walaupun sudah terbuang.

Hi, I’m Herdika Darmawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *