Ukraina Bombardir Kota di Rusia, Tiga Orang Tewas dan Puluhan Rumah, Gedung Rusak

0

Merdeka.com – Merdeka.com – Sedikitnya tiga orang tewas dan puluhan rumah rusak di Kota Belgorod, Rusia, dekat perbatasan Ukraina, kata gubernur setempat, Vyacheslav Gladkov hari ini.

Gladkov melaporkan sejumlah ledakan terdengar di kota yang berjarak sekitar 40 kilometer sebelah utara perbatasan Ukraina.

Sedikitnya 11 apartemen dan 39 rumah rusak, termasuk lima hancur, kata Gladkov di akun Telegramnya, seperti dilansir laman Al Arabiya, Minggu (3/7).

Anggota parlemen Rusia Andrei Klishas menuding Ukraina membombardir Belgorod dan menyerukan balasan.

“Kematian warga sipil dan hancurnya infrastruktur di Belgorod akibat agresi Ukraina memerlukan balasan militer,” kata Klishas di Telegram.

Moskow menuding Kiev melancarkan sejumlah serangan ke Belgorod dan wilayah lain yang berada di perbatasan Ukraina sejak Rusia memulai operasi militernya pada 24 Februari lalu. Ukraina tidak mengklaim serangan tapi menyebut insiden itu sebagai balasan dan “karma” atas invasi RUsia.

Belum ada tanggapan dari Ukraina atas peritiwa ini dan Reuters tidak bisa memverifikasi pengakuan Rusia ini secara independen.

Ribuan warga sipil tewas dan kota-kota di Ukraina hancur akibat serangan Rusia. Rusia membantah mereka menyasar warga sipil.

Pasukan Rusia kini sedang melancarkan gempuran terhadap pasukan Ukraina di Luhansk dan Donetsk di Provinsi Donbas. Di wilayah itu pasukan separatis dukungan Moskow memerangi militer Ukraina sejak Rusia memulai intervensi militer di Ukraina pada 2014. [pan]

Leave A Reply

Your email address will not be published.