Kurang Dikenal, Ini Deretan Manfaat Vitamin B6

0

Sewcazual.com – Berikut adalah artikel mengenai Kurang Dikenal, Ini Deretan Manfaat Vitamin B6 gaya hidup sehat yang kami rangkum

Sewcazual.com, JAKARTA – Jika berbicara soal vitamin B, Anda mungkin paling akrab dengan vitamin B12, yang membantu mencegah anemia dan menjaga kesehatan tulang, dan B9 (asam folat), yang diperlukan untuk kehamilan yang sehat.

Tetapi vitamin B6, adalah “vitamin yang terlupakan,” kata Dr. Reem Malouf, seorang ahli saraf di Universitas Oxford yang telah mempelajari efek B6 pada kognisi dilansir dari New York Times.

Seperti vitamin B lainnya, seperti B12 dan B9, itu adalah nutrisi penting, namun para ilmuwan tidak sepenuhnya memahami bagaimana hal itu mempengaruhi kesehatan mental, dan itu kurang dikenal daripada yang lain.

Katherine Tucker, ahli epidemiologi nutrisi di UMass Lowell mengatakan vitamin B6 penting untuk sistem saraf dan fungsi otak, termasuk sintesis protein, asam amino dan pembawa pesan kimia otak, serta berfungsinya sistem kekebalan tubuh.

Ini juga penting untuk kehamilan dan perawatan pascakelahiran karena membantu meringankan mual di pagi hari dan diperlukan untuk perkembangan otak janin dan bayi. Dan kekurangan vitamin B6 telah dikaitkan dengan beberapa kondisi neuropsikiatri, termasuk kejang, migrain, kecemasan, depresi, dan gangguan memori.

Melansir Webmd, vitamin B6 adalah salah satu jenis vitamin B. Pyridoxine, pyridoxal, dan pyridoxamine adalah semua bentuk vitamin B6. Ini ditemukan dalam makanan tertentu dan juga dibuat di laboratorium.

Vitamin B6 diperlukan untuk fungsi gula, lemak, dan protein yang tepat dalam tubuh. Ini juga diperlukan untuk perkembangan otak, saraf, kulit, dan banyak bagian tubuh lainnya. Ini ditemukan dalam sereal, kacang-kacangan, dan telur, dan sering digunakan dengan vitamin B lain dalam produk vitamin B kompleks.

Orang biasanya menggunakan vitamin B6 untuk mencegah dan mengobati kekurangan vitamin B6. Ini juga digunakan untuk penyakit jantung, sindrom pramenstruasi (PMS), depresi, mual di pagi hari, penyakit Alzheimer, kram menstruasi, diabetes, dan banyak kondisi lainnya, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang baik untuk mendukung banyak kegunaan lain ini.

Melansir Healthline, berikut beragam manfaat vitamin B6 untuk kesehatan Anda:

1. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Gejala Depresi

Vitamin B6 memainkan peran penting dalam pengaturan suasana hati.

Ini sebagian karena vitamin ini diperlukan untuk menciptakan neurotransmiter yang mengatur emosi, termasuk serotonin, dopamin, dan asam gamma-aminobutyric (GABA).

Vitamin B6 juga dapat berperan dalam menurunkan kadar asam amino homosistein dalam darah yang tinggi, yang telah dikaitkan dengan depresi dan masalah kejiwaan lainnya.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak dan Mengurangi Risiko Alzheimer

Vitamin B6 mungkin berperan dalam meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit Alzheimer, tetapi penelitian ini bertentangan.
Di satu sisi, B6 dapat menurunkan kadar homosistein darah tinggi yang dapat meningkatkan risiko Alzheimer.

Satu penelitian pada 156 orang dewasa dengan kadar homosistein tinggi dan gangguan kognitif ringan menemukan bahwa mengonsumsi B6, B12, dan folat (B9) dosis tinggi dapat menurunkan homosistein dan mengurangi pengecilan di beberapa daerah otak yang rentan terhadap Alzheimer.

3. Mencegah dan Mengobati Anemia dengan Membantu Produksi Hemoglobin

Karena perannya dalam produksi hemoglobin, vitamin B6 dapat membantu dalam mencegah dan mengobati anemia yang disebabkan oleh kekurangan.
Hemoglobin adalah protein yang mengantarkan oksigen ke sel-sel Anda. Ketika Anda memiliki hemoglobin rendah, sel-sel Anda tidak mendapatkan cukup oksigen. Akibatnya, Anda mungkin mengalami anemia dan merasa lemah atau lelah.
Penelitian telah menghubungkan kadar vitamin B6 yang rendah dengan anemia, terutama pada wanita hamil dan wanita usia subur

4. Bermanfaat dalam Mengobati Gejala PMS

Vitamin B6 telah digunakan untuk mengobati gejala sindrom pramenstruasi, atau PMS, termasuk kecemasan, depresi dan lekas marah.
Para peneliti menduga bahwa B6 membantu dengan gejala emosional yang berkaitan dengan PMS karena perannya dalam menciptakan neurotransmitter yang mengatur suasana hati.

Sebuah studi tiga bulan di lebih dari 60 wanita premenopause menemukan bahwa mengonsumsi 50 mg vitamin B6 setiap hari meningkatkan gejala depresi, lekas marah, dan kelelahan PMS sebesar 69%.

5.  Membantu Mengobati Mual Selama Kehamilan

Vitamin B6 telah digunakan selama beberapa dekade untuk mengobati mual dan muntah selama kehamilan.

Faktanya, ini adalah bahan dalam Diclegis, obat yang biasa digunakan untuk mengobati mual di pagi hari.

Para peneliti tidak sepenuhnya yakin mengapa vitamin B6 membantu mengatasi mual di pagi hari, tetapi mungkin karena B6 yang cukup memainkan beberapa peran penting dalam memastikan kehamilan yang sehat.

6. Mencegah Arteri Tersumbat dan Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Vitamin B6 dapat mencegah penyumbatan arteri dan meminimalkan risiko penyakit jantung.
Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin B6 darah rendah memiliki risiko hampir dua kali lipat terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar B6 lebih tinggi. 

Hal ini kemungkinan karena peran B6 dalam menurunkan peningkatan kadar homosistein yang terkait dengan beberapa proses penyakit, termasuk penyakit jantung.

7. Membantu Mencegah Kanker

Mendapatkan cukup vitamin B6 dapat menurunkan risiko terkena jenis kanker tertentu.
Alasan mengapa B6 dapat membantu mencegah kanker tidak jelas, tetapi para peneliti menduga bahwa itu terkait dengan kemampuannya untuk melawan peradangan yang dapat menyebabkan kanker dan kondisi kronis lainnya.

Sebuah tinjauan dari 12 studi menemukan bahwa asupan makanan yang memadai dan kadar B6 dalam darah dikaitkan dengan risiko kanker kolorektal yang lebih rendah. Individu dengan kadar B6 darah tertinggi memiliki risiko hampir 50% lebih rendah terkena kanker jenis ini.

8. Meningkatkan Kesehatan Mata dan Mencegah Penyakit Mata

Vitamin B6 dapat berperan dalam mencegah penyakit mata, terutama jenis kehilangan penglihatan yang mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua yang disebut degenerasi makula terkait usia (AMD).
Penelitian telah menghubungkan kadar homosistein yang bersirkulasi dalam darah dengan peningkatan risiko AMD.

Karena vitamin B6 membantu mengurangi peningkatan kadar homosistein dalam darah, mendapatkan cukup B6 dapat menurunkan risiko penyakit ini 

Sebuah studi tujuh tahun di lebih dari 5.400 profesional kesehatan wanita menemukan bahwa mengonsumsi suplemen harian vitamin B6, B12 dan asam folat (B9) secara signifikan mengurangi risiko AMD sebesar 35-40%, dibandingkan dengan plasebo.

9. Mengobati Peradangan yang Terkait Dengan Rheumatoid Arthritis

Vitamin B6 dapat membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan rheumatoid arthritis.
Tingginya tingkat peradangan dalam tubuh yang diakibatkan oleh rheumatoid arthritis dapat menyebabkan rendahnya kadar vitamin B6 (45, 46).
Namun, tidak jelas apakah suplemen dengan B6 mengurangi peradangan pada orang dengan kondisi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di
Bawah Ini :

Konten Premium

Leave A Reply

Your email address will not be published.