Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ketika Serbuan Virus Menyerang

0

Sewcazual.com – Berikut adalah artikel mengenai Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ketika Serbuan Virus Menyerang gaya hidup sehat yang kami rangkum

Sewcazual.com, JAKARTA – Seiring bertambahnya usia, kemampuan respons kekebalan kita menjadi berkurang, yang berisiko mudah terkena infeksi dan rentan mengidap kanker.

Melansir Harvard.Edu, infeksi pernapasan, termasuk, influenza, virus COVID-19, dan khususnya pneumonia adalah penyebab utama kematian pada orang berusia di atas 65 tahun di seluruh dunia.

Tidak ada yang tahu pasti mengapa ini terjadi, tetapi beberapa ilmuwan mengamati bahwa peningkatan risiko ini berkorelasi dengan penurunan sel T, mungkin dari timus yang mengalami atrofi seiring bertambahnya usia dan memproduksi lebih sedikit sel T untuk melawan infeksi.

Apakah penurunan fungsi timus ini menjelaskan penurunan sel T atau apakah perubahan lain berperan tidak sepenuhnya dipahami. Yang lain tertarik pada apakah sumsum tulang menjadi kurang efisien dalam memproduksi sel-sel induk yang memunculkan sel-sel sistem kekebalan.

Penurunan respon imun terhadap infeksi telah ditunjukkan oleh respon orang tua terhadap vaksin. Misalnya, penelitian tentang vaksin influenza telah menunjukkan bahwa untuk orang yang berusia di atas 65 tahun, vaksin tersebut kurang efektif dibandingkan dengan anak-anak yang sehat (di atas usia 2). Namun terlepas dari pengurangan kemanjuran, vaksinasi untuk influenza dan S. pneumoniae telah secara signifikan menurunkan tingkat penyakit dan kematian pada orang tua bila dibandingkan dengan tanpa vaksinasi.

Upaya pertahanan pertama Anda adalah memilih gaya hidup sehat. Mengikuti pedoman kesehatan umum yang baik adalah satu-satunya langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik secara alami.

Setiap bagian tubuh Anda, termasuk sistem kekebalan Anda, berfungsi lebih baik bila dilindungi dari serangan lingkungan dan didukung oleh strategi hidup sehat seperti ini:

  1. Jangan merokok.
  2. Makan diet tinggi buah-buahan dan sayuran.
  3. Berolahraga secara teratur.
  4. Pertahankan berat badan yang sehat.
  5. Jika Anda minum alkohol, minumlah hanya dalam jumlah sedang.
  6. Dapatkan tidur yang cukup.
  7. Ambil langkah-langkah untuk menghindari infeksi, seperti sering mencuci tangan dan memasak daging secara menyeluruh.
  8. Cobalah untuk meminimalkan stres.
  9. Tetap terkini dengan semua vaksin yang direkomendasikan. Vaksin memperkuat sistem kekebalan Anda untuk melawan infeksi sebelum menyerang tubuh Anda.

Diet dan sistem kekebalan tubuh Anda

Seperti kekuatan tempur lainnya, pasukan sistem kekebalan berbaris dengan perutnya. Pejuang sistem kekebalan yang sehat membutuhkan makanan yang baik dan teratur. Para ilmuwan telah lama menyadari bahwa orang yang hidup dalam kemiskinan dan kekurangan gizi lebih rentan terhadap penyakit menular.

Misalnya, para peneliti tidak tahu apakah faktor diet tertentu, seperti makanan olahan atau asupan gula sederhana yang tinggi, akan berdampak buruk pada fungsi kekebalan tubuh. Masih relatif sedikit penelitian tentang efek nutrisi pada sistem kekebalan tubuh manusia.

Ada beberapa bukti bahwa berbagai defisiensi mikronutrien – misalnya, defisiensi seng, selenium, besi, tembaga, asam folat, dan vitamin A, B6, C, dan E – mengubah respons imun pada hewan, sebagaimana diukur dalam tabung reaksi. Namun, dampak dari perubahan sistem kekebalan ini pada kesehatan hewan kurang jelas, dan efek dari kekurangan serupa pada respon kekebalan manusia belum dinilai.

Meningkatkan kekebalan dengan herbal dan suplemen?

Sejauh ini tidak ada bukti herbal dan suplemen benar-benar meningkatkan kekebalan ke titik di mana Anda lebih terlindungi dari infeksi dan penyakit. Para ilmuwan tidak tahu, misalnya, apakah ramuan yang tampaknya meningkatkan kadar antibodi dalam darah benar-benar melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk kekebalan secara keseluruhan.

Olahraga : Baik atau buruk untuk kekebalan?

Olahraga teratur merupakan salah satu pilar hidup sehat. Ini meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, membantu mengontrol berat badan, dan melindungi terhadap berbagai penyakit.

Tetapi apakah itu membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda secara alami dan membuatnya tetap sehat? Sama seperti diet sehat, olahraga dapat berkontribusi pada kesehatan umum yang baik dan oleh karena itu pada sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di
Bawah Ini :

Konten Premium

Leave A Reply

Your email address will not be published.