Kategori Orang yang Rentan Terinfeksi Cacar Monyet

0

Sewcazual.com – Berikut adalah artikel mengenai Kategori Orang yang Rentan Terinfeksi Cacar Monyet gaya hidup sehat yang kami rangkum

Sewcazual.com, JAKARTA – Monkeypox atau cacar monyet adalah infeksi zoonosis virus yang langka, yang dapat menyebar dari hewan ke manusia dan dari orang ke orang.

Meskipun kasus cacar monyet meningkat secara mengkhawatirkan di berbagai belahan dunia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa dalam kebanyakan kasus, gejala cacar monyet hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Namun, badan kesehatan global memperingatkan terhadap komplikasi yang disebabkan oleh virus cacar monyet, yang meliputi infeksi kulit sekunder, pneumonia, kebingungan, dan masalah mata. Di masa lalu, antara 1% hingga 10% orang dengan cacar monyet telah meninggal, kata WHO.

Lantas kelompok orang mana sajakah yang lebih rentan terhadap infeksi?

Orang yang memiliki kontak dekat (termasuk kontak seksual) dengan seseorang yang menderita cacar monyet harus mengambil tindakan yang tepat untuk tetap aman dari virus.

Selain itu, mereka yang sering kontak dengan hewan seperti hewan pengerat dan primata harus menjaga diri dengan melakukan tindakan pengendalian.

Selain itu, seperti diketahui, monkeypox menyebar ke manusia melalui kontak dekat dengan orang atau hewan yang terinfeksi, termasuk melalui kontak tatap muka, kulit ke kulit, mulut ke mulut atau mulut ke kulit, termasuk kontak seksual. Konon, petugas kesehatan yang merawat pasien cacar monyet juga harus waspada dan harus mengambil tindakan ekstra untuk melindungi diri mereka sendiri.

Mereka yang memiliki defisiensi imun yang mendasari mungkin berisiko lebih tinggi mengalami gejala serius

Menurut WHO, bayi yang baru lahir, anak kecil dan orang-orang dengan defisiensi imun yang mendasari mungkin berisiko mengalami gejala yang lebih serius, dan dalam kasus yang jarang terjadi, kematian akibat cacar monyet.

Penyakit atau gangguan defisiensi imun terjadi ketika sistem imun tidak berfungsi dengan baik atau tidak bekerja seperti yang diharapkan. Orang yang lahir dengan defisiensi dari penyebab genetik dikenal sebagai imunodefisiensi primer. Ada lebih dari 200 gangguan imunodefisiensi primer.

Efektivitas vaksin

Vaksin cacar dikatakan efektif melawan cacar monyet.

Mengingat bahwa cacar monyet disebabkan oleh virus yang mirip dengan cacar, vaksin cacar (MVA) dikatakan memberikan tingkat perlindungan yang baik terhadap cacar monyet, menurut NHS.

“1 dosis vaksin cacar (MVA) akan ditawarkan untuk membantu mengurangi keparahan gejala cacar monyet dan mencegah infeksi di masa depan. Jika Anda terus terpapar, Anda mungkin ditawari dosis kedua,” tambah badan kesehatan itu.

Tanda-tanda cacar monyet yang harus diwaspadai

Gejala cacar monyet dikatakan biasanya muncul dalam 6-13 hari. Namun, itu bisa memakan waktu hingga tiga minggu setelah paparan untuk ditampilkan dan dapat bertahan hingga dua hingga empat minggu.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) melaporkan bahwa diperlukan waktu antara 5 dan 21 hari untuk gejala pertama muncul.

Beberapa gejalanya antara lain:

– Suhu tinggi

– Sakit kepala

– Nyeri otot

– Sakit punggung

– Kelenjar bengkak

– Menggigil (menggigil)

– Kelelahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di
Bawah Ini :

Konten Premium

Masuk / Daftar
Leave A Reply

Your email address will not be published.