Gejala Liver di Pagi Hari yang Harus Anda Waspadai

0

Sewcazual.com – Berikut adalah artikel mengenai Gejala Liver di Pagi Hari yang Harus Anda Waspadai gaya hidup sehat yang kami rangkum

Sewcazual.com, JAKARTA – Penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) mengacu pada berbagai kondisi yang disebabkan oleh penumpukan lemak di hati.

NAFLD adalah penyakit hati yang paling umum di seluruh dunia. Masih banyak orang tidak menyadari bahwa mereka telah mengalami kondisi tersebut.

Hal ini karena terkadang penyakit ini tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Namun, ada satu tanda saat bangun di pagi hari yang bisa menjadi petunjuk adanya penyakit tersebut.

Para ahli tidak mengetahui penyebab pasti mengapa beberapa orang menumpuk lemak di hati sementara yang lain tidak. Namun, mereka telah menemukan bahwa penyakit hati berlemak non-alkohol dikaitkan dengan obesitas, resistensi insulin, gula darah tinggi yang menunjukkan pradiabetes atau diabetes tipe 2, dan kadar lemak yang tinggi dalam darah. Gabungan masalah kesehatan ini tampaknya meningkatkan timbunan lemak di hati yang mengarah pada penyakit hati berlemak non-alkohol.

Berbagai macam penyakit dan kondisi dapat meningkatkan risiko terkena NAFLD. Jika Anda memiliki kolesterol tinggi atau kadar trigliserida tinggi dalam darah, maka Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena NAFLD.

Sindrom metabolik yang meliputi tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang dan kadar kolesterol abnormal juga meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit hati berlemak non-alkohol. Obesitas, terutama dengan konsentrasi lemak di perut; diabetes tipe 2; sindrom ovarium polikistik (PCOS); dan gangguan tidur seperti sleep apnea juga dapat mempengaruhi risiko NAFLD.

Dilansir dari Times of India, kelelahan meliputi perasaan lesu, malaise dan kelelahan meskipun sudah beristirahat. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan. Namun, jika Anda merasa lelah pertama kali di pagi hari, itu bisa menjadi tanda penyakit hati.

Gejala ini dapat sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda, menurunkan produktivitas di tempat kerja atau kinerja akademik. Ini juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan lekas marah. Jika kelelahan berlanjut, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Diagnosis dini NAFLD akan mencegah jaringan parut hati.

Selain kelelahan, nyeri atau rasa tidak nyaman di perut kanan atas juga bisa menjadi tanda penyakit liver. Beberapa orang dengan NAFLD dapat mengembangkan steatohepatitis nonalkohol (NASH), yang merupakan bentuk agresif dari penyakit hati berlemak yang menyebabkan peradangan hati, jaringan parut lanjut (sirosis) dan gagal hati. Kemungkinan tanda dan gejala NASH termasuk pembengkakan perut, pembuluh darah membesar tepat di bawah permukaan kulit, limpa membesar dan kulit dan mata menguning.
Baca lebih lanjut: Penjelasan Coronavirus: Inilah seberapa cepat Anda dapat terinfeksi kembali dengan COVID-19 (dan tidak, ini bukan 12 minggu lagi!

Melansir Mayo Clinic, kemungkinan tanda dan gejala NASH dan jaringan parut lanjut (sirosis) meliputi:

  1. Pembengkakan perut (asites)
  2. Pembesaran pembuluh darah tepat di bawah permukaan kulit
  3. Pembesaran limpa
  4. Telapak tangan merah
  5. Menguningnya kulit dan mata (jaundice)

​Cara menghindari penyakit liver

Pengobatan yang paling efektif untuk penyakit hati adalah penurunan berat badan, karena membantu mencegah penumpukan sel lemak di dalam hati.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengikuti diet Mediterania dapat membantu mengurangi jumlah lemak yang tersimpan di dalam hati. Diet termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan menggantikan mentega dengan minyak zaitun atau canola.

Aerobik juga dapat menurunkan jumlah lemak di hati, jadi lengkapi diet sehat Anda dengan aktivitas fisik secara teratur. Obat-obatan, jamu dan suplemen yang bersifat racun bagi hati sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu lama, terutama oleh mereka yang rutin minum alkohol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di
Bawah Ini :

Konten Premium

Masuk / Daftar
Leave A Reply

Your email address will not be published.