Berikut Daftar Negara dengan Kasus Cacar Monyet

0

Sewcazual.com – Berikut adalah artikel mengenai Berikut Daftar Negara dengan Kasus Cacar Monyet gaya hidup sehat yang kami rangkum

Sewcazual.com, JAKARTA — Monkeypox atau cacar monyet adalah penyakit akibat virus yang ditularkan melalui binatang (zoonosis). Pertama kali ditemukan pada tahun 1958 di Denmark, monkeypox kini sudah dilaporkan di berbagai negara.

Wilayah negara yang sudah dinyatakan terjangkit monkeypox secara global adalah Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Nigeria, Pantai Gading, Liberia, Sierra Leone, Gabon dan Sudan Selatan. Negara di luar Afrika yang tercatat pernah muncul kejadian luar biasa monkeypox adalah Amerika Serikat (2003), Inggris, Israel (2018), Rusia dan Singapura (2019).

Berikut daftar negara yang telah melaporkan kasus cacar monyet di negaranya, dikutip dari berbagai sumber:

1. Inggris

Pada tanggal 7 Mei 2022, Inggris Raya telah melaporkan ke WHO adanya satu kasus monkeypox pada warga Inggris yang memiliki perjalanan ke Nigeria. Pada tanggal 29 April 2022 bergejala dan tiba di Inggris pada 4 Mei. Telah dilakukan isolasi dan karantina kontak selama 21 hari.

Pada tanggal 13 Mei 2022, melaporkan adanya dua kasus konfirmasi dan satu probable monkeypox pada sebuah keluarga. Pada tanggal 15 Mei 2022, dilaporkan kasus kluster yaitu 4 kasus konfirmasi dengan gejala ruam vesicular yang dilaporkan dari pasien yang berkunjung ke sexual health service.

Belum ada sumber infeksi yang dikonfirmasi. Berdasarkan informasi yang tersedia saat ini, penularan diperoleh secara lokal di Inggris. Tingkat penularan lokal tidak jelas pada tahap ini dan masih memerlukan investigasi lebih lanjut. Pemerintah setempat telah melakukan isolasi dan karantina. Pada 18 Mei 2022 CDC juga melaporkan 1 kasus warga Amerika yang bepergian dari Kanada.

Semua negara harus waspada terhadap tanda-tanda yang terkait dengan ruam yang berkembang secara bertahap, mulai dari makula, papula, vesikel, pustula, hingga koreng Hal ini disertai demam, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri punggung, dan nyeri otot.

Selama wabah saat ini, banyak individu yang menunjukkan gejala atipikal, yang meliputi ruam lokal yang hanya muncul satu lesi. Munculnya lesi tampak tidak sinkron dan memiliki distribusi peri-genital dan/atau peri-anal terutama yang berhubungan dengan pembengkakan kelenjar getah bening.

Beberapa pasien juga datang dengan infeksi menular seksual dan harus diuji atau diobati dengan tepat. Orang-orang ini dapat hadir ke berbagai perawatan kesehatan termasuk pada perawatan primer dan sekunder, klinik demam, layanan kesehatan seksual, unit penyakit menular, kebidanan dan ginekologi, unit gawat darurat dan klinik dermatologi.

2. Rusia

Rusia telah mendaftarkan kasus cacar monyet pertamanya, otoritas kesehatan federal mengkonfirmasi Selasa.

“Infeksi itu ditemukan pada seorang pria muda yang kembali dari perjalanan melalui negara-negara Eropa dan pergi ke fasilitas medis dengan ruam yang khas,” kata pengawas perlindungan konsumen negara Rospotrebnadzor dalam sebuah pernyataan.

Rospotrebnadzor mengatakan pasien, yang gejalanya ringan, telah diisolasi di rumah sakit penyakit menular.

“Orang-orang yang dapat dihubungi telah ditetapkan, mereka sedang dipantau oleh dokter,” kata pernyataan itu.

Ia menambahkan bahwa penyakit pria itu ditemukan dengan cepat dan “membantu mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut.”

Kementerian Kesehatan Rusia mengatakan sistem perawatan kesehatan negara itu telah mempersiapkan masuknya pasien cacar monyet sejak Mei dan pedoman untuk pencegahan, diagnosis, dan pengobatan virus telah didistribusikan ke wilayah Rusia.

Wabah infeksi di Eropa dan Amerika Serikat telah memicu kekhawatiran di seluruh dunia atas cacar monyet, penyakit langka yang termasuk dalam keluarga virus yang sama dengan cacar yang biasanya endemik di Afrika Barat dan Tengah.

Rusia telah menjadi salah satu negara yang paling terpukul oleh pandemi Covid-19, dengan hampir 1 juta kelebihan kematian dihitung antara awal pandemi dan Januari 2022.

Otoritas kesehatan federal bulan lalu menghapus semua pembatasan virus corona nasional yang tersisa.

3. Singapura

Singapura melaporkan kasus monkeypox lokal ketiga di Singapura pada Kamis (14 Juli), menjadikan jumlah total kasus yang dilaporkan di negara itu sejak Juni menjadi enam.

Dalam pembaruan di situs webnya pada hari Kamis, Kementerian Kesehatan (MOH) mengatakan bahwa pasien tersebut adalah pria Singapura berusia 41 tahun.

Dia tidak terkait dengan kasus cacar monyet lainnya yang diumumkan sebelumnya oleh Depkes, kata kementerian itu.

Pria itu saat ini dirawat di National Center for Infectious Diseases (NCID), dan kondisinya stabil, kata Depkes.

Pria itu mengalami ruam pada 9 Juli. Dia mencari perawatan medis pada 12 Juli dan dirawat di NCID pada hari berikutnya.

Pelacakan kontak sedang berlangsung.

4. Israel

Israel  mengkonfirmasi kasus ketiga dari virus cacar monyet, pada seorang pria Israel yang baru saja kembali dari luar negeri pada 7 Juni 2022.

Menurut Kementerian Kesehatan, pria berusia 34 tahun itu tiba di Rumah Sakit Ichilov di Tel Aviv dengan gejala kondisi tersebut.

Pria itu, yang baru saja kembali dari bepergian ke luar negeri, dipastikan menderita cacar monyet setelah sampel diuji di Institut Penelitian Biologi Israel.

Kementerian tidak mengatakan dari mana pria itu bepergian.

Kasus cacar monyet pertama dikonfirmasi di Israel pada 20 Mei, dan kasus kedua pada 28 Mei.

5. Amerika Serikat

Wabah virus monkeypox berkembang di Amerika Serikat dan di tempat lain, dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) sekarang melaporkan 605 kasus di 34 negara bagian, Distrik Columbia, dan Puerto Rico.

New York memiliki kasus terbanyak, dengan 122, diikuti oleh California dengan 116 dan Florida dengan 64.

Virus ini juga mempengaruhi negara bagian pedesaan, dengan Idaho sekarang melaporkan kasus pertamanya. Pasien adalah orang dewasa yang kemungkinan tertular selama perjalanan ke negara yang mengalami wabah.

Menurut pembaruan situasi terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang diterbitkan kemarin, kasus global virus meningkat 77% dalam seminggu terakhir.

6. Afrika

Tujuh negara Afrika secara kumulatif telah melaporkan hampir 1.400 kasus cacar monyet sepanjang tahun ini, dengan 1.392 tersangka dan 44 kasus dikonfirmasi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan Selasa karena jumlah infeksi di seluruh dunia terus meningkat setelah wabah terbaru.

Kasus-kasus tersebut telah dilaporkan di Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Liberia, Nigeria, Republik Kongo dan Sierra Leone, kata kantor regional WHO untuk Afrika dalam sebuah pernyataan.

Jumlah kasus pada tahun 2022 sedikit lebih sedikit dari setengah kasus yang dilaporkan pada tahun 2021.

Sementara virus belum menyebar ke negara-negara non-endemik baru di Afrika, di dalam negara-negara dengan wabah, telah memperluas jangkauan geografisnya dalam beberapa tahun terakhir, menurut WHO.

Hingga 2019, cacar monyet di Nigeria dilaporkan terutama di selatan negara itu. Namun sejak tahun 2020, virus tersebut telah menyebar ke wilayah tengah, timur, dan utara.

Matshidiso Moeti, direktur regional WHO untuk Afrika, memperingatkan agar tidak memiliki dua tanggapan berbeda terhadap cacar monyet — satu untuk negara-negara Barat yang baru sekarang mengalami penularan yang signifikan dan satu lagi untuk Afrika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di
Bawah Ini :

Konten Premium

Masuk / Daftar
Leave A Reply

Your email address will not be published.