Beberapa Hal Kecil Saat Bermedsos Yang Bisa Berakibat Fatal Jika Dilakukan

0

Sewcazual.com – Berikut adalah artikel mengenai Beberapa Hal Kecil Saat Bermedsos Yang Bisa Berakibat Fatal Jika Dilakukan yang kami rangkum dari kaskus, silahkan disimak . dan jangan lupa di share ya tentang Beberapa Hal Kecil Saat Bermedsos Yang Bisa Berakibat Fatal Jika Dilakukan

https://www.kaskus.co.id/thread/62eb29536a2d975308426623/beberapa-hal-kecil-saat-bermedsos-yang-bisa-berakibat-fatal-jika-dilakukan

Beberapa Hal Kecil Saat Bermedsos Yang Bisa Berakibat Fatal Jika Dilakukan Beberapa Hal Kecil Saat Bermedsos Yang Bisa Berakibat Fatal Jika Dilakukan
Era perkembangan teknologi tak bisa dibendung lagi. Dulu orang sering berkata “dunia tak selebar daun kelor”, tetapi ungkapan itu rasanya tidak berlaku lagi sekarang. Atau bahkan, dunia bisa selebar kurang dari daun kelor. Mengapa begitu? Coba bayangkan saja, setiap orang bisa berkomunikasi bahkan dalam hitungan detik dengan orang yang terpisah jarak antar negara, malah antar benua. Tak perlu bertemu di ruang nyata, cukup melakukannya di depan layar kaca.

Seiring perkembangan waktu, dalam beberapa kasus kemudian timbul masalah baru. Pertumbuhan teknologi yang pesat tidak dibarengi dengan kemajuan pendidikan dan pengetahuan masyarakat secara merata. Tidak semua komunitas baik dalam satu region tertentu maupun dalam sebuah negara memiliki kapasitas dan penguasaan yang sama akan teknologi. Banyak orang yang kemudian menyalahi atau menggunakan teknologi untuk tujuan yang salah.

Dalam bermedia sosial misalnya. Banyak masyarakat Indonesia yang malah menyikapi maraknya aplikasi media sosial untuk keperluan yang tidak semestinya. Nah, jika anda termasuk peselancar aplikasi sosial media, ada baiknya hindari beberapa hal berikut jika tak ingin menyesal di kemudian hari.

1. Mempublikasi Identitas Pribadi

Jika anda termasuk tipe yang gemar memposting sesuatu yang sifatnya personal, sebaiknya anda menghindari atau tidak mengumbar kepada publik hal-hal yang menyangkut identitas pribadi anda seperti KTP, Passport, SIM, Buku Tabungan atau lainnya. Hal ini dikarenakan di dunia maya banyak sekali modus kejahatan yang memanfaatkan kelengahan para pengguna media sosial yang secara sengaja atau tidak memposting identitas pribadi mereka. Banyak kasus kejahatan yang bakal terjadi seperti penyalahgunaan data pribadi bahkan peretasan akun atau rekening bank karena tindakan anda yang teledor ini.

2. Memberikan Kontak Pribadi

Untuk hal yang satu ini sih bisa aja anda melakukannya jika orang yang anda berikan kontak tersebut adalah yang sudah dikenal secara dekat dan sudah akrab di dunia nyata. Kontak yang dimaksud di sini bisa berupa nomor telepon, HP atau Whatsapp serta kontak lain seperti alamat surat elektronik. Terkadang ada saja orang-orang jahil yang selalu menggunakan momen ini untuk mengganggu anda semisal menelpon berkali-kali atau mengirimkan pesan-pesan yang cenderung spam pada kontak pribadi anda.

3. Mempublikasi Kondisi Rumah

Hal yang ketiga ini seringkali dilakukan oleh para vlogger atau yang gemar mempublikasikan aktivitas kesehariannya kepada orang banyak. Nah, jika anda termasuk dalam kategori ini ada baiknya jangan sekali-kali mempublikasikan keadaan sekitar atau keadaan di dalam rumah anda baik melalui uploading atau pun live streaming. Tindakan ini tanpa disadari dapat menimbulkan akibat yang fatal jika ternyata video-video yang anda publikasi ini dimanfaatkan oleh orang-orang jahat untuk merampok atau mencuri di rumah anda. Karena keseringan membagikannya kepada publik, maka orang-orang yang mungkin berniat jahat ini tentu saja akan mempelajari detail per detail bagian dari rumah anda dan tanpa disadari rupanya anda telah membantu dan mempermudah mereka untuk melancarkan aksi kejahatannya.

Nah GanSis, sebelum terlambat dan menyebabkan kejadian buruk yang tidak anda inginkan, sebaiknya teruslah waspada dan lebih bijak lagi dalam bermedia sosial yaa. Jika ada saran atau masukan atau mungkin pengalaman dari kalian semua soal ini, bisa silahkan menuliskannya di kolom komentar di bawah yaa. See you on the next thread!!

***

penikmatbucin dan 9 lainnya memberi reputasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.